Thursday, 23 December 2010

Mengajarkan Gitar Kepada Anak

Sumber: www.AnneAhira.com
Mungkin teman-teman anda akhir-akhir ini sibuk memperbincangkan mengenai rencana-rencana mereka terhadap buah hati mereka. Tentu saja anda memiliki rencana-rencana sendiri untuk buah hati anda.

Apakah anda tahu bahwa kemampuan bermusik seorang anak itu harus dipupuk sejak dini walau memang tidak semua anak berbakat dalam bidang ini seperti halnya bidang-bidang hobi yang lain.

Tapi tidak ada salahnya untuk anda memperkenalkan musik kepada anak anda sehingga anda bisa melihat bagaimana kemampuan mereka sedini mungkin. Kalaupun memang anak anda tidak menampakkan sedikit pun minat terhadap bidang ini barulah anda punya alasan untuk melanjutkan mencari bakat terpendam lain yang lebih diminati oleh buah hati anda seperti halnya seni melukis, olah raga dan masih banyak lagi.

Namun jika ternyata anak anda menyambut dengan antusias rencana anda untuk mengajarkan dan memperkenalkan mereka dengan musik, jangan tunda-tunda lagi mungkin sekaranglah saat yang tepat baginya untuk memulai. Yang pertama-tama harus anda tentukan adalah memilih alat musik.

Kebanyakan orang tua anaknya ingin agar bisa bermain piano. Sebenarnya, tidak ada salahnya untuk tidak mengikuti trend karena bagi sebagian orang atau remaja, jika bisa bermain gitar justru terlihat lebih ‘cool’ atau keren. Jadi cobalah tawarkan kepada anak anda untuk belajar salah satu alat musik petik ini.

Mungkin beberapa orang tua cukup memiliki pengalaman mengapa anak mereka kadang cepat merasa bosan ketika ditawarkan untuk belajar gitar. Cobalah sekali-kali anda mengintip di kelas mereka, apa yang menyebabkan mereka cepat bosan. Kebanyakan kursus musik selalu dimulai dari dasar, yaitu pengenalan nada-nada dan notasi-notasi.

Hal ini lah yang lebih sering membuat anak-anak merasa bosan, karena namanya juga anak-anak, yang mereka harapkan adalah kapan secepatnya mereka bisa memetik dan bermain gitar dan mereka hampir-hampir tidak perduli dengan apa yang diajarkan oleh guru musik mereka mengenai notasi-notasi dan nada-nada walaupun tentu saja anda tahu mengenal notasi-notasi akan sangat berguna ketika praktiknya nanti.

Namun, walau bagaimanapun cara anda menyampaikannya anak anda tetap tidak mau tahu. Dalam hal ini ada satu trik yang bisa anda lakukan agar anak anda tetap mau bermain gitar sambil mengenal notasi-notasi dan nada-nada. Dalam hal ini, jangan memasukkan anda ke dalam satu kursus musik.

Yang anda harus lakukan adalah tetap mendaftarkan anak anda ke suatu kursus khusus yang mengajarkan mereka tentang notasi-notasi dan nada-nada, tapi anda juga harus mempekerjakan seorang guru privat gitar untuk anak anda dalam waktu bersamaan.

Karena dalam mempelajari gitar, yang pertama-tama harus dilakukan adalah melatih jari-jari agar terbiasa dengan senar, fret dan tab-nya. Jadi sambil mengenal notasi anak anda sudah bisa mulai belajar untuk melatih jari-jari mereka dan ketika tiba saatnya mereka menggabungkan kemampuan mereka mengenal nada dan mempraktekkannya lewat gitar anak anda akan jauh lebih mudah dalam menguasainya.

Cara termudah untuk mempelajari gitar adalah tentu saja dengan mempraktekkannya langsung dan tentu saja itu adalah salah satu hal yang paling dinanti-nantikan oleh anak manapun ketika mereka ingin belajar bermain gitar.

Jadi jika anda tahu bahwa anak anda sangat tertarik untuk mempelajari alat musik petik ini tapi karena mempelajari notasi dan nada gampang membuat mereka bosan dan akhirnya menyerah untuk belajar gitar, mungkin tidak ada salahnya bagi anda untuk mulai mengaplikasikan tips di atas.

Jadi apa lagi yang anda tunggu? Sekarang lah saat yang tepat untuk memperkenalkan musik kepada anak anda, pilihlah tempat kursus musik yang paling terpercaya dan professional jika anda tidak keberatan mengenai biayanya tapi tidak ada salahnya juga untuk mempekerjakan seorang guru privat, karena sekarang ini banyak sekali musisi hebat yang sebenarnya justru lahir di jalanan.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More