Thursday, 23 December 2010

Mengenalkan Musik Kepada Bayi Anda

Sumber: www.AnneAhira.com
Musik terbukti mampu memacu perkembangan janin semasa di dalam kandungan. Tidak hanya itu, setelah bayi lahir, musik ternyata tetap memiliki peran yang penting dalam perkembangan otak si kecil.

Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa musik, terutama musik klasik memiliki pengaruh yang sangat penting bagi perkembangan tingkat kecerdasan serta tingkat emosional si kecil. Anak yang sedari bayi terbiasa mendengarkan musik klasik akan memiliki IQ dan EQ yang lebih dibanding anak yang tidak mendengarkan musik klasik.

Pada dasarnya, musik yang berpengaruh adalah musik yang memiliki keteraturan dan bukan pola nada yang acak atau tidak teratur. Karena itulah, musik klasik lebih berpengaruh pada perkembangan IQ dan EQ bayi. Metode mengenalkan dan memperdengarkan musik klasik ini juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kedisiplinan anak.

Mengapa musik klasik mampu memberi pengaruh dalam perkembangan IQ dan EQ? Musik klasik memiliki keteraturan, dimana yang dimaksud keteraturan disini adalah dasar – dasar musik klasik ini sejalan dengan irama denyut nadi manusia karena memang irama denyut nadi ini yang digunakan sebagai dasar pembuatan nada.

Karena itulah, musik klasik mampu mempengaruhi perkembangan jiwa, otak, karakter bahkan juga raga. Bagi Anda yang memiliki bayi yang mungil atau bayi prematur yang lahir sebelum waktunya, musik klasik akan membantu perkembangan tubuh bayi jika diperdengarkan pada saat – saat tertentu.

Namun Anda harus mengamati kapan saat bayi atau anak Anda merasa nyaman mendengarkan musik klasik tersebut. Beberapa bayi juga bisa terganggu jika terdengar suara pada saat mereka tidur. Jadi Anda memang harus mengamati dan memahami kapan bayi Anda ingin dan nyaman mendengarkan musik klasik.

Perkembangan otak pada bayi dan anak – anak akan mencapai 80% sampai usia empat tahun jika rutin mendengarkan musik klasik. Musik klasik ini merupakan perpaduan dari komposisi nada tinggi dan juga nada rendah yang akan merangsang perkembangan kuadran C pada otak.

Karena besarnya pengaruh musik pada perkembangan anak dan manusia pada umumnya, maka sebaiknya dipahami apa musik itu sebenarnya. Musik mempunyai tiga bagian utama yaitu beat, harmoni dan ritme. Masing – masing memiliki peran tersendiri bagi perkembangan anak. Beat akan mempengaruhi tubuh, sementara harmoni mempengaruhi roh dalam diri, dan ritme akan mempengaruhi jiwa.

Sebagai contoh, bisa diamati dari penggemar musik rock yang pada saat menikmati alunan musik rock akan bergoyang lepas kendali dan memutar – mutarkan kepala sesuai irama musik seakan tanpa rasa lelah. Atau saat hati Anda terluka atau sensitif, coba dengarkan lagu – lagu yang ringan dan indah.

Beberapa rumah sakit juga telah menggunakan terapi ini sebagai salah satu metode penyembuhan pasien. Jika bayi Anda sedang kurang sehat coba selain memberikan obat dan multivitamin, putarkan musik – musik yang menenangkan dan teratur untuk membantu proses penyembuhannya.

Musik harmoni yang menyentuh akan membawa ketenangan jiwa dan spiritual, music harmoni yang menyayat seperti dalam film horror juga akan mempengaruhi jiwa. Karena itu, sebelum memutarkan musik klasik ke bayi Anda, dengarkan terlebih dahulu lagu tersebut untuk memastikan bahwa musik atau lagu tersebut seimbang antara ritme, harmoni dan beatnya.

Hal ini juga telah diteliti oleh para ahli biofisika dengan menggunakan tanaman. Tanaman yang diletakkan di depan speaker musik berisi lagu slow rock dan rock dalam beberapa hari, tanaman tersebut layu dan kering. Sementara tanaman lain yang diletakkan di dekat lagu yang indah dalam beberapa hari justru semakin tumbuh subur dan sehat.

Nah, Anda tidak perlu ragu lagi. Segera perdengarkan bayi Anda pada musik klasik yang indah agar semakin hari bayi Anda semakin sehat dan tumbuh dengan tingkat intelegensia dan kecerdasan emosional yang tinggi.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More