Thursday, 23 December 2010

Perjalanan Musik Blink 182

Sumber: www.AnneAhira.com
Terbentuk pada tahun 1992 di Poway, California, Blink 182 merupakan sebuah band beraliran pop punk yang diprakarsai oleh Tom DeLonge (vokal dan gitar) dan Mark Hoppus (vokal dan bass).

Bersama dengan Travis Barker (drummer), Blink 182 sukses memberikan warna baru pada dunia musik internasional melalui musikalitas mereka yang tinggi, lirik yang catchy, serta aksi panggung yang kocak.

Mereka jadi contoh nyata bahwa musik punk tak melulu berbicara mengenai politik serta kondisi sosial, namun juga mampu mengungkapkan isi hati yang paling dalam. Terbukti dari suksesnya salah satu lagu mereka yang berjudul I Miss You (2003).

Awal Terbentuk 

Blink 182 berawal dari pertemanan Tom DeLonge dengan Mark Hoppus. Setelah berlatih tanpa henti di garasi rumah milik Tom, mereka akhirnya memutuskan untuk menarik Scott Raynor sebagai drummer dan mulai membuat demo rekaman. Saat itu, mereka masih menyebut diri mereka Duck Tape, hingga kemudian beralih menjadi Blink.

Beberapa demo rekaman dikerjakan pada tahun 1993 dan mereka pun mendapat tawaran untuk mengisi di beberapa acara kecil. Hingga di tahun 1994, mereka menelurkan album pertama berjudul Cheshire Cat.

Tak lama setelah peluncuran album tadi, sebuah band asal Irlandia menuntut Blink secara legal karena dianggap menggunakan nama band mereka. Akhirnya, Blink memutuskan untuk menaruh angka 182 di belakangnya menjadi Blink 182. Album kedua yang berjudul Dude Ranch dirilis pada tahun 1997 dan terjual hingga 1,5 juta kopi.

Pergantian Personil

Kesuksesan album tersebut mengharuskan Blink 182 untuk tur keliling Amerika. Namun sayangnya, Tom dan Mark bersitegang dengan Scott karena ia ketergantungan alkohol. Konser kerap menjadi kacau balau berkat aksi Scott yang kerap kedapatan mabuk saat bermain. Tak lama kemudian, Tom dan Mark memecat Scott dan menggantikannya dengan Travis, yang kala itu merupakan drummer dari band pendukung, The Aquabats.

Kesuksesan Bertubi-Tubi

Di tahun 1999, Blink 182 meluncurkan album berjudul Enema of the State. Di dalamnya, terdapat lagu-lagu yang menuai sukses, seperti What’s My Age Again, All the Small Things, serta Adam’s Song. Enema of the State pun meledak 10 kali lipat dari album sebelumnya dan menembus angka 15 juta kopi.

Album live berjudul The Mark, Tom, and Travis Show (The Enema Strikes Back!) muncul di tahun 2000, diikuti dengan album Take Off Your Pants and Jacket di tahun 2001. Kematangan Blink 182 terlihat ketika single Feeling This dan I Miss You yang fenomenal itu merebak di mana-mana melalui self-titled album, Blink 182 (2003).

Perpecahan

Karena lelah dengan perhatian yang ada serta konser berkepanjangan, Tom memaparkan keinginannya untuk lebih dekat dengan keluarganya dan istirahat sejenak dari band. Meski terjadi percekcokkan, Mark dan Travis pun mau tak mau setuju.

Setelah 6 bulan, Mark mengungkapkan keinginannya untuk berpartisipasi di acara 2004 Indian Ocean Earthquake; Tom setuju dan ia pun kembali berlatih. Namun, lagi-lagi mereka bersitegang, hingga akhirnya Tom keluar dari Blink 182, sehari sebelum acara tersebut dimulai. Ia bahkan mengganti nomor telepon karena tak ingin berhubungan lagi dengan Mark dan Travis.

Setelah tak saling bicara selama 4 tahun, mereka akhirnya kembali bertemu saat menjenguk Travis di rumah sakit yang tengah mengalami cedera parah akibat kecelakaan pesawat terbang. Reuni tersebut akhirnya menyatukan mereka kembali dan Grammy Awards ke-51 pada 8 Februari 2009 mereka jadikan momen sebagai kembalinya Blink 182 di dunia musik sejak terakhir main bersama di bulan Desember 2004.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More